Berita

Verifikasi Calon Penerima Adhikarya Pangan Nusantara 2016 Tingkat DIY

Senin Pahing, 15 Agustus 2016 08:26 WIB 814

foto

Pemberian Penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara (APN) ditujukan untuk meningkatkan motivasi, komitmen, dan peran aktif masyarakat, aparatur pemerintah, maupun pejabat pemerintah dalam melakukan kegiatan untuk mewujudkan Kedaulatan Pangan, Kemandirian Pangan, dan Ketahanan Pangan. Penghargaan ini merupakan apresiasi bagi upaya dan Prestasi Luar Biasa yang dicapai perseorangan atau kelompok dalam rangka perwujudan Kedaulatan Pangan, Kemandirian Pangan, dan Ketahanan Pangan pada berbagai tingkatan dan jenis usaha.

 

Penghargaan APN Tahun 2016 diberikan kepada masyarakat, aparatur pemerintah, dan pejabat pemerintah. Pemberian penghargaan tersebut harus tepat sasaran, sehingga perlu dilakukan secara selektif, independen, dan transparan.  Penyelenggaraan pemberian Penghargaan APN dilaksanakan secara berjenjang oleh Dewan Ketahanan Pangan (DKP) yang dikoordinasikan Sekretariat DKP di berbagai tingkatan mulai dari kabupaten/kota, provinsi hingga pusat. Masing-masing anggota DKP perlu melakukan seleksi calon penerima Penghargaan APN pada setiap tingkatan.

 

Untuk itu pada Rabu dan Kamis (10 – 11/08) lalu, telah dilaksanakan Verifikasi Lomba APN 2016 tingkat D.I. Yogyakarta terhadap calon penerima penghargaan dari Kabupaten Bantul sebagai berikut :

  • Kategori Pelopor : Ngatidjo, Desa Sriharjo, Kec. Imogiri
  • Kategori Pelaku - Pemberdayaan Masyarakat : LKDMP Trimanunggal, Kec. Imogiri
  • Kategori Pelaku - Produksi : Kelompok Ternak Itik Unggul Mulyo, Dusun Bondalem, Desa Sumbermulyo, Kec. Bambanglipuro
  • Kategori Pembina : Sarjaka,  Kepala Desa Baturetno, Kec. Banguntapan
  • Kategori Pelayanan - Penyuluh : Josia Sinaga, SP. , THL TBPP BP3K Kasihan
  • Kategori Pelaku - Industri/Teknologi Perakitan Pangan Olahan : Kelompok Progress Jogja, Kwasen RT 01 Srimartani, Kec. Piyungan

 

Diharapkan nantinya para penerima penghargaan dapat mempertahankan prestasi/kinerja yang telah diperolehnya. Maka di sini Pemerintah dan Pemerintah Daerah bertanggung jawab dalam membina agar pemberian penghargaan tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat. (PM/berbagai sumber)