Berita

Kab. Bantul Turut Memeriahkan Peringatan Hari Pangan Sedunia Tingkat DIY 2016

Selasa Wage, 6 September 2016 08:51 WIB 725

foto

Sebagai upaya sosialisasi kepada masyarakat, tentang arti pentingnya pangan yang berkualitas, untuk mendukung hidup yang sehat, aktif, serta produktif, pada Jumat (02/09) lalu, bertempat di halaman Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan (BKPP) DIY telah digelar Hari Pangan Sedunia (HPS) XXXVI Tahun 2016. Pembukaan oleh Wakil Gubernur DIY, KGPAA Pakualam X, dengan didampingi Kepala BKPP DIY Ir. Arofa Noor Indriani, M. Si. dan dihadiri Ketua komisi B DPRD DI, Kepala SKPD tingkat provinsi dan kabupaten/kota se-DIY, dan Pimpinan Instansi/Lembaga terkait di DIY. Melalui peringatan HPS yang tahun ini mengambil tema “Membangun Kedaulatan Pangan Berkelanjutan Berbasis Sumberdaya Lokal, Di Era Perubahan Iklim”, masyarakat diharapkan akan lebih memahami arti pentingnya pola konsumsi pangan yang Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA).

 

Aneka kegiatan  dalam peringatan HPS tingkat DIY ini berupa :

a.  Lomba Cipta Menu B2SA, dengan peserta Ibu-ibu PKK, yang merupakan juara I lomba cipta menu tingkat kabupaten/kota, dilaksanakan pada tanggal 2 September 2016;

b.  Lomba Cipta Menu kudapan, berbahan dasar tepung mocaf dan tepung pisang, dengan peserta kelompok wanita tani, mitra binaan provinsi dan kabupaten, dilaksanakan pada  tanggal 3 September 2016;

c.  Lomba menggambar,  dengan peserta murid SD kelas 1 dan 2, pada tanggal 4 September 2016;

d.  Festival Pangan Lokal, dengan peserta ibu-ibu PKK se-DIY, tanggal 4 September 2016;

e.  Pameran dan bazaar, dengan peserta Instansi/lembaga/UKM/Kelompok usaha pengolah pangan lokal/kelompok wanita tani se DIY, pada 2 - 4 September 2016;

 

Pada Lomba Cipta Menu B2SA, berkoordinasi dengan Tim Penggerak PKK DIY sebagai Juri Lomba yakni Maryati, SST (Dinas Kesehatan DIY) ; Ir. Asyantini, M.M. (PKK DIY) ; Nurwahyuni, S. Pd., M.M. (AKS/AKK Yogyakarta ; Setyawati Isdarwanto (APJl) ; dan Dr. Dra. Badraningsih Lastariwati, M. Kes (Jurusan Teknik Boga UNY). Peserta menyusun menu B2SA berbasis sumberdaya lokal selama 3 (tiga) hari untuk satu keluarga, yaitu : Ayah (35 tahun), Ibu (32 tahun), Anak perempuan (17 tahun) meliputi makanan utama (makan pagi, makan siang, makan malam) dan makanan selingan dengan menggunakan bahan pangan lokal. Wakil dari Kab. Bantul, TP PKK Kecamatan Sewon meraih Juara II.

 

Untuk Lomba Cipta Menu Kudapan dari Bahan Baku Tepung Pisang dan Tepung Mocaf, diikuti oleh 40 peserta yang merupakan perwakilan dari ibu-ibu anggota Kelompok Wanita Tani (KWT) dari 4 kabupaten dan 1 kota di DIY. Lewat lomba ini diharapkan dapat mengembangkan jenis menu makanan kudapan dari bahan baku lokal dan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat khususnya anak-anak untuk mengkonsumsi makanan kudapan yang sehat, serta mendorong dan meningkatkan kreatifitas masyarakat dalam memanfaatkan berbagai bahan pangan lokal. Dua wakil Kab. Bantul, Kategori Bahan Baku Tepung Pisang, KWT Sumber Rejeki  mendapat Juara Harapan 1, sedangkan pada Kategori Bahan Baku Tepung Mocaf, KWT  Melati memperoleh Juara Harapan 2.

 

Adapun melalui Lomba Festival Pangan Lokal, disosialisasikan kepada Masyarakat khususnya Ibu-ibu untuk mau menyediakan jajanan/kudapan yang sehat dan aman dengan bahan baku lokal khususnya umbi-umbian yang bermanfaat bagi kesehatan (pangan fungsional), disajikan dalam bentuk snack/jajanan anak yang menarik yang berasal dari bahan baku ubi jalar dan diupayakan bahan baku adalah ubi jalar murni. Jenis olahan pangan yang ditampilkan dalam lomba Festival Pangan Lokal ini terdiri atas 2 bentuk untuk masing-masing regu yaitu berbentuk kue kering dan kue basah. Wakil Kab. Bantul, PKK Wirokerten, Kec. Banguntapan mendapat Juara 3, sedangkan PKK Kec. Pundong meraih Juara Harapan 2.

 

Dalam peringatan HPS ini, Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan (BKP3) Kab. Bantul selain mengirimkan petani Bantul sebagai peserta dalam berbagai lomba tersebut, juga turut menyemarakkan dengan menampilkan stand hasil olahan dan aneka produk dari petani. (PM/BKPP DIY)