Berita

Wakil Kab. Bantul yang Terpilih dalam Adhikarya Pangan Nusantara 2016 Tingkat DIY

Kamis Pon, 15 September 2016 10:30 WIB 630

foto

Penghargaan yang diberikan dalam Adhikarya Pangan Nusantara Tahun 2016 ini dalam 5 Kategori, yaitu :

  1. Pelopor Ketahanan Pangan, perseorangan yang merintis usaha baru (inovasi) dalam pemanfaatan sumber daya alam, sumber daya manusia, sumber daya finansial, sumber daya teknologi, dan sumber daya sosial di daerah/wilayahnya untuk mewujudkan Kedaulatan Pangan, Kemandirian Pangan, dan Ketahanan Pangan
  2. Pemangku Ketahanan Pangan, perseorangan yang menjadi tokoh masyarakat setempat/adat, mempunyai pengaruh besar, kharisma, dan berhasil menggerakkan masyarakat untuk melestarikan dan memperbaiki adat dan budaya lokal (kebijaksanaan lokal) dalam melaksanakan pemberdayaan, penguatan ekonomi dan pengelolaan lingkungan guna mewujudkan Kedaulatan Pangan, Kemandirian Pangan dan Ketahanan Pangan
  3. Pelaku Pembangunan Ketahanan Pangan, merupakan Kelompok/gabungan kelompok masyarakat/kelembagaan ekonomi pelaku usaha pangan skala kecil dan menengah yang berhasil mengelola kegiatan produksi pangan/pemberdayaan masyarakat/pengembangan industri pangan olahan/perakitan teknologi pangan dalam mewujudkan Kedaulatan Pangan, Kemandirian Pangan, dan Ketahanan Pangan
  4. Pelayanan Ketahanan Pangan meliputi penyuluhan, penelitian/pengembangan, pengawasan/ pengendalian, perseorangan yang berprestasi dan aktif memberikan pengabdian/pelayanan kepada masyarakat dalam mewujudkan Kemandirian Pangan dan Ketahanan Pangan di wilayahnya yang melampaui tugas pokoknya dan/atau prestasi luar biasa.
  5. Pembina Ketahanan Pangan yaitu Kepala daerah tingkat provinsi/kabupaten/ kota/desa yang berhasil menggerakkan perangkat daerah dan masyarakat dalam mengurangi kemiskinan/kerawanan pangan/ gizi buruk, meningkatkan produksi pangan sesuai potensi daerah, dan mempercepat diversifikasi pangan dalam mewujudkan Kedaulatan Pangan, Kemandirian Pangan, dan Ketahanan Pangan.

 

Setelah melalui serangkaian  penilaian lapangan pada tanggal 2-15 Agustus 2016 kepada para calon penerima penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara (APN) tingkat DIY Tahun 2016, maka berdasarkan SK Ketua Harian Dewan Ketahanan Pangan DIY, No. 188/040/DKP/VIII/2016 tentang Penetapan Pemenang Adhikarya Pangan Nusantara Tk. Provinsi Th. 2016, diputuskan mereka yang lolos dari Kab. Bantul adalah :

  • Kelompok Progress Jogja, Kwasen RT 01, Ds. Srimartani, Kec. Piyungan – Peringkat 1 Kategori Pelaku (Industri/Perakitan Teknologi Pangan Olahan)
    - Kelompok Progress Jogja mengolah dan memasarkan makanan dan minuman tradisional dalam kemasan modern, memilki tiga divisi pengolahan yaitu : minuman rempah-rempah, tepung bebas gluten dan keripik dari bahan lokal tanpa penggunaan MSG
  • Kelompok Ternak Itik “Unggul Mulyo”, Dn. Bondalem, Ds. Sumbermulyo, Kec. Bambanglipuro – Peringkat 1 Kategori Pelaku (Produksi)
    - dalam menjaga produktivitasnya, kelompok ini selalu menggunakan bibit unggul, melakukan seleksi mulai dari DOD, calon induk dan pejantan juga bekerja sama dengan poskeswan untuk mengendalikan penyakit.
  • Sarjaka, Ds. Baturetno, Kec. Banguntapan – Peringkat 2 Kategori Pembina (Kepala Desa)
  • Josia Sinaga, SP., THL TBPP BP3K Kec. Kasihan – Peringkat 2 Kategori Pelayanan (Penyuluh)
  • LKDMP Trimanunggal, Ds. Sriharjo, Kec. Imogiri – Peringkat 2 Kategori Pelaku (Pemberdayaan)
  • Ngatijo, Ds. Sriharjo, Kec. Imogiri – Peringkat 3 Kategori Pelopor

 

Mereka akan menerima penghargaan bersama dengan wakil lainnya dari Kabupaten dan Kota di DIY yang lolos verifikasi. Penghargaan tersebut diberikan dalam rangka mendorong dan memotivasi pembangunan bidang ketahanan pangan di DIY. (PM/BKPP DIY/DKP)