Berita

Hadirilah Peringatan Hari Pangan Sedunia 2016 Tk. Kab. Bantul, 2 - 3 November 2016

Jumat Legi, 28 Oktober 2016 10:15 WIB 843

foto

Hari Pangan Sedunia (HPS) tingkat Kabupaten Bantul yang telah diperingati hingga ke-6  kalinya pada tahun 2016 ini, mengambil tempat di halaman kantor Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan Kabupaten Bantul, Jl. Bantul Km. 7,5, Pucung, Pendowoharjo, Sewon pada tanggal 2 – 3 November 2016 dengan tema Membangun Kedaulatan Pangan di Era Perubahan Iklim.

Penyelenggaraan HPS  menjadi momentum dalam meningkatkan pemahaman dan kepedulian masyarakat dan para pemangku kepentingan terhadap pentingnya penyediaan pangan yang cukup dan bergizi, baik bagi masyarakat Indonesia maupun dunia. Rangkaian kegiatan peringatan HPS diharapkan dapat menstimulasi peningkatan pemahaman dan kepedulian terhadap penyediaan pangan, melalui berbagai kegiatan seperti pameran dan berbagai lomba.

Peringatan HPS tingkat Kabupaten Bantul ini dimeriahkan dengan berbagai lomba yaitu Lomba Cipta Menu, Lomba Tumpeng Triguna, Lomba Olahan Pangan Lokal, Lomba Pemberian Makanan Tambahan Anak Sekolah, serta Lomba Stand. Digelar pula pameran teknologi dan produk pertanian serta olahannya dari 17 BP3K Kecamatan se-Kab. Bantul, sejumlah instansi terkait, asosiasi dan koperasi binaan BKP3, dan akan dibuka oleh Bupati Bantul Drs. H. Suharsono.

Sedangkan peringatan Hari Pangan Sedunia 2016 XXXVI tingkat nasional diadakan pada 28 – 30 Oktober 2016 bertempat di Komplek Perkantoran Pemerintah Kabupaten Boyolali, Desa Kemiri, Kecamatan Mojosongo dan rencana akan dibuka langsung oleh Presiden RI Ir. H. Joko Widodo.

HPS tingkat nasional kali ini dicanangkan sebagai Hari Pangan Indonesia atau ‘Indonesia World Food Day’ (IWFD). Karena sudah selama 36 kali peringatan HPS selalu berganti logo, dan belum berhasil mencanangkan kebersatuan semangat dalam mewujudkan kedaulatan pangan di Indonesia maka dipilihlah logo IWFD dari hasil sayembara, yang merupakan hasil karya anak muda bangsa yang peduli pada pencapaian kedaulatan pangan. Logo tersebut mengandung makna tentang Indonesia dan dapat menyampaikan pesan substansi simbol pangan serta memperlihatkan kepada dunia bahwa Indonesia dapat berpartisipasi untuk terlibat dalam menyiapkan ketersediaan pangan bagi dunia. Karakter huruf “D” yang bertumpuk pada logo tersebut, merupakan simbol pangan yang diwariskan dari generasi ke generasi. Ilustrasi daun menunjukkan seperti orang yang bersorak ketika mencapai kedaulatan pangan.

Upaya mencapai Kedaulatan Pangan diharapkan tidak hanya dilaksanakan pada saat pelaksanaan peringatan HPS, namun  juga harus dilaksanakan secara berkelanjutan dan sinergis bersama Kementerian terkait lainnya, tidak hanya yang mewakili pemerintah, namun juga penduduknya. (PM/berbagai sumber)