Berita

Kemeriahan pada Peringatan Hari Pangan Sedunia 2016 Tk. Kab. Bantul

Kamis Wage, 10 November 2016 09:35 WIB 550

foto

Hari Pangan Sedunia (HPS) tingkat Kabupaten Bantul yang telah diperingati hingga ke-6  kalinya pada tahun 2016 ini, mengambil tempat di halaman kantor Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan Kabupaten Bantul, Jl. Bantul Km. 7,5, Pucung, Pendowoharjo, Sewon pada tanggal 2 - 3 November 2016 dengan tema Membangun Kedaulatan Pangan di Era Perubahan Iklim.

 

Peringatan HPS tingkat Kabupaten Bantul ini dimeriahkan dengan berbagai lomba serta Lomba Stand. digelar pula pameran teknologi dan produk pertanian serta olahannya, oleh 34 stand dari 17 BP3K Kecamatan se-Kab. Bantul, sejumlah instansi terkait seperti Dinas Pertanian dan Kehutanan, Dinas Kelautan dan Perikanan serta STPP Yogyakarta, juga asosiasi dan koperasi binaan BKP3. Digelarnya pameran selain sebagai wujud upaya Pemkab dalam mendorong inovasi produk pangan juga sebagai ajang promosi mempertemukan pelaku usaha, juga agar masyarakat Bantul dapat lebih mengenal ragam olahan pangan lokal, berbagai produk dan untuk menumbuhkan kesadaran seluruh lapisan masyarakat terhadap potensi sumberdaya alam yang ada di Kabupaten Bantul sendiri, serta tantangan dalam mewujudkan ketahanan pangan di masa perubahan iklim saat ini.

 

Rangkaian acara pada pembukaan peringatan HPS 2016 tingkat Kabupaten Bantul  yaiu pemberian penghargaan bidang Penyuluhan dan Ketahanan Pangan kepada petani, penyuluh dan pelaku pembangunan pertanian di Kabupaten Bantul yang telah menunjukkan prestasinya dalam 2016 ini, peluncuran pisang sebagai buah unggulan Kabupaten Bantul yang ditandai dengan penyerahan Surat Keputusan Bupati tentang buah unggulan dan bibit pisang oleh Wakil Bupati Bantul, H. Abdul Halim Musllih, kepada Kepala BKP3 Kab. bantul, Ir. Pulung Haryadi, MSc., kemudian pencanangan Gerakan Konsumsi Produk Olahan Pangan Lokal lewat pembagian produk pangan lokal yang telah terinovasi yaitu dalam bentuk dodol pisang dan permen pepaya kepada para pejabat yang hadir serta pengunjung acara. Pembukaan diakhiri dengan peresmian Pameran lewat pengguntingan untaian bunga oleh Ketua Tim PKK Kab. Bantul, Hj. Erna Kusumawati Suharsono, yang kemudian bersama dengan Wakil Bupati serta pejabat yang hadir berkenan meninjau semua stand peserta pameran.

 

Berbagai Lomba diselenggarakan selama peringatan ini berlangsung dengan peserta Kelompok Wanita Tani, pengelola Pemberian Makanan Tambahan Anak Sekolah (PMT-AS) dan Balai Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan dari 17 Kecamatan se-Kab. Bantul.  Adapun  para pemenang lomba sebagai berikut :

 

Lomba Olahan Pangan Lokal dengan bahan baku non beras dan non terigu yang disajikan dalam beraneka bentuk antara lain berupa kue kering, kue basah yang tradisional bahkan modern. Juara lomba adalah :

  • Juara I KWT Amanah, Cangkring, Desa Sidomulyo, Kec. Bambanglipuro
  • Juara II KWT Anggrek, Piring, Desa Srihardono, Kec. Pundong
  • Juara III KWT Anugrah, Kentolan, Desa Guwosari, Kec. Pajangan

 

Lomba Tumpeng Triguna dengan bahan baku non beras, dengan komposisi karbohidrat (25%), buah dan sayur (50%), lauk pauk (25%) dan mengutamakan pemakaian bahan baku lokal yang dihasilkan di sekitar kita. Sebagai pengganti beras, peserta menyuguhkan beraneka tumpeng dengan bahan antara lain jagung dan  ubi ungu serta lain sebagainya kemudian dilengkapi pula dengan lauk pauk dan sayur mayur.  Para Juara :

  • Juara I KWT Sri Rahayu, Candi, Desa Srihardono, Kec. Pundong
  • Juara II KWT Suka Maju, Palihan, Desa Desa Sidomulyo, Kec. Bambanglipuro
  • Juara III KWT Sri Rejeki, Donotirto, Desa Bangunjiwo, Kec. Kasihan

 

Lomba PMT-AS, dengan bahan baku non beras dan non terigu :

  • Juara I KWT Langensari, Piring, Desa Murtigading, Kec. Sanden
  • Juara II TK ABA II Sidomulyo, Desa Sidomulyo, Kec. Bambanglipuro
  • Juara III PKK Bangunharjo, Desa Bangunharjo, Kec. Sewon

 

Lomba Stand Pameran :

  • Juara I BP3K “Giri Agung” Kec. Imogiri
  • Juara II BP3K “Kismo Mulyo” Kec. Bambangllipuro
  • Juara III BP3K “Sultan Agung” Kec. Pleret

Peringatan Hari Pangan Sedunia tahun 2016 tingkat Kab. Bantul dapat dilihat pada galeri foto kegiatan http://bkppp.bantulkab.go.id/galeri
(PM)