Statistik Pengunjung

  • Pengunjung: 109410
  • Online: 2
  • Hari ini: 66

PENERIMA PENGHARGAAN TINGKAT NASIONAL TAHUN 2012 DARI BANTUL

BERITA – Rabu, 1 Agt 2012 10:33 WIB

FotoBerdasarkan Surat Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian Kementerian Pertanian RI Nomor : 4431/KP.450/J/7/12 tanggal 25 Juli 2012, telah terpilih Penyuluh Pertanian (PNS, Swadaya, THL-TBPP), petani, Gapoktan, BP3K dan UPFMA terbaik Provinsi D.I.Yogyakarta untuk menerima penghargaan Tingkat Nasional Tahun 2012. Adapun dari Kabupaten Bantul adalah Kurnia Dwi Lestasi,SP. (Kec. Bambanglipuro), dalam Kategori Penyuluh Pertanian Swadaya Teladan serta UP FMA Sidomulyo (Kec. Bambanglipuro) untuk Kategori UP FMA Berprestasi.
Proses Verifikasi dari Tim Penilai Pusat telah dilakukan pada Juni lalu di Kabupaten Bantul dengan calon yang dinilai yaitu dari Desa Sidomulyo, Kecamatan Bambanglipuro; Desa Wijirejo, Kecamatan Pandak dan Desa Triwidadi, Kecamatan Pajangan. Pada masing-masing tempat, para calon penerima penghargaan mempresentasikan hasil kegiatan mereka selama ini antara lain dengan menyajikan dalam bentuk presentasi makalah serta stand yang berisi hasil produk pembelajaran dan kegiatan petani, penyuluh, Gapoktan dan UP FMA. Tim Penilai meninjau lokasi kebun pisang dan Kantor UP FMA Sidomulyo, juga melihat aneka produksi olahan dari pisang dan tempat pengolahan pestisida nabati dan dekomposer Mollas (fermentasi dari bonggol pisang). Tim Penilai Pusat juga disuguhi sajian Pentas Seni Drama oleh gabungan petani, UP FMA dan Penyuluh swadaya yang menceritakan tentang manfaat Program FEATI dalam memajukan kesejahteraan para petani.  Adapun di Pandak Tim berkunjung ke BPP Pandak dan melihat sajian olahan pangan hasil produksi KWT Anggrek, produk beras organik dan ternak kambing PE. Tim Penilai meninjau pula Rumah Produksi Gula para petani nira di Dusun Ngincep, Pajangan yang merupakan bantuan Disperindagkop Prov. DIY, kemudian melihat dan menikmati aneka sajian olahan jamur dari Kelompok Tani Jamur Sedyo Mulyo.
Selain itu para calon juga diwawancarai serta dinilai dalam hal administrasinya. Untuk selanjutnya para pemenang yang telah disebutkan di atas diundang untuk mengikuti rangkaian kegiatan Peringatan HUT Kemerdekaan RI di Istana Negara, Jakarta. Selamat kepada Kurnia Dwi Lestasi,SP. dan UP FMA Sidomulyo.
(PM)